Servis Komputer - Servis Printer - Servis Laptop di Gombong || Jl Kenanga No. 6 Gombong - Phone: 0287-3879003 | WA : 0877 1506 1238

Begini rasanya bila data hilang dalam sekejap!


Tiga hari lalu, tepatnya Sabtu sore, hujan turun begitu derasnya disertai petir menggelegar, saat itu aku tengah mengerjakan pekerjaan desain pesanan klien. Sekira pukul 16.15 listrik tiba-tiba padam. “Celaka!” gumamku, desain belum disimpan. Aku berfirasat akan ada kejadian buruk ini.

Benar saja, saat listrik sudah menyala, komputer hanya menampilkan layar hitam dengan tulisan “no operating system found”. Waduh, aku panik sekali. Sebab data ada di hardisk semua. Belum ada yang dibackup.  Keringat dingin pun menetes satu per satu.

Segera kutelpon Saifudin temanku, agar bisa membantu menyelamatkan dataku. Esok paginya, Udin datang ke rumah. Setelah dianalisa dan dicek, hardisk mengalami crash. Terkena bad sector. Intinya ada kerusakan fisik pada piringan / disc akibat dari arus listrik yang berhenti mendadak. Karuan saja windows dan data tidak terbaca.

Udin menyarankan agar dibelikan hardisk baru saja. Sebab percuma kalau diservis, plater hardisk sudah cacat. Data tidak bisa diselamatkan.  Kemungkinan bisa diselamatkan pun sangat kecil sekali. Aku pun lemas dan lunglai. Data yang tersimpan hampir 4 tahun hilang dalam sekejap.

Udin menambahkan, setelah dibelikan hardisk baru, gunakan juga UPS. Jadi, ketika listrik padam, masih ada cadangan listrik. “Fuuiih..., duit lagi, duit lagi. Padahal bayaran dari klien belum pada cair ...”

Dulu, sebenarnya sudah kepikiran beli UPS, namun tidak pernah terlaksana. Kupikir nanti saja lah, belum penting-penting amat. Akhirnya malah begini jadinya.

Dengan sekuat tenaga mengumpulkan receh demi receh, kebeli juga UPS Prolink 700 VA di toko komputer langgananku Izi Komputer. Alhamdulillah, satu problem sudah solped! Semoga tidak ada problemo selanjutnya.

Untuk teman-teman yang baca tulisanku, jangan sayang ya untuk pake UPS, apalagi kalo pekerjaanmu saban hari di depan komputer desktop dan banyak berkutat dengan data-data klien. Sungguh, pahit banget dengan pengalaman data hilang. Asli nyesek ....

Kuwarasan, Maret 2018

( Miran – toekang desain di kampung )

Begini rasanya bila data hilang dalam sekejap! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ono Karsono

0 komentar:

Posting Komentar