Servis Komputer - Servis Printer - Servis Laptop di Gombong || Jl Kenanga No. 6 Gombong - Phone: 0287-3879003 | WA : 0877 1506 1238

Menghitung-hitung Peluang Usaha Jasa Desain Grafis



Jika kamu mempunyai satu unit komputer dan 1 unit printer inkjet di rumah, dan kamu ingin membuka usaha sesuai kemampuan dan bakatmu di bidang menggambar, kamu bisa membuka jasa desain grafis, misal desain logo, desain stempel, kartu undangan, kartu ucapan untuk selamatan, dan sebagainya.

Untuk membuka usaha ini sebenarnya tidak sulit, hanya diperlukan ketrampilan menggambar dengan aplikasi berbasis vektor, misal CorelDraw dan Adobe Illustrator serta 1 unit perangkat komputer untuk desain dan satuunit printer inkjet / laser.

Banyak dari teman-teman penulis yang bisa menggambar dengan aplikasi di atas hanya bermodal belajar secara otodidak (beli buku panduan), lalu mempraktekan sendiri di rumah. Namun mereka sebenarnya tidak belajar secara otodidak saja, namun bertanya kepada teman-teman yang sudah ahli atau profesional menggambar di komputer.

Setelah kemampuan menggambar dimiliki, kamu juga musti membuat konsep berapa harga desain yang ditawarkan. Ini musti dimulai dan dibuat dengan seksama, jangan sampai pekerjaan desain grafismu menjadi desain gratis karena faktor teman dan faktor disepelekan oleh pelanggan.


Dalam menggambar desain grafis, kemampuan otak atau skill mesti dihargai, juga ada komponen lain misal biaya listrik dan biaya cadangan jika suatu saat komputer atau printermu mengalami kerusakan. Atau bila tinta printernya habis.

Usaha jasa desain grafis ini, larinya pasti ke usaha percetakan juga (printing) walau sekupnya kecil karena menggunakan printer rumahan atau printer kantor (home office), yakni printer inkjet atau printer laser.

Usaha percetakan itu gurih lho, karena repeat ordernya tinggi, dan banyak yang membutuhkan dengan urusan cetak mencetak baik untuk keperluan usaha atau pribadi.

Yuk kita tengok kalkulasi bisnisnya, widiiih J

Tarif Desain Kartu Ucapan dan Kartu Undangan

Langkah pertama yang paling simpel membuka jasa desain grafis adalah membuat kartu ucapan selamatan dan undangan. Modal awal yang musti dimiliki adalah template undangan dan template ucapan selamat. Kumpulkan sebanyak mungkin template-template ini, jika perlu beli DVD-nya di internet.

Dengan adanya template-template ini, dan juga koleksi gambar-gambar potongan semisal aksen gambar bunga (floral), kamu tinggal mencomot saja, tanpa memulai desain dari awal. Hal ini akan mempersingkat waktu pengerjaan tentunya.

Lalu bagaimana perhitungan harga jasa desainnya? Untuk harga jasa desainnya bisa dipatok harga mulai Rp 15.000 per kartu selamatan. Setelah jadi, tinggal difotokopi dengan jumlah sesuai permintaan pelanggan.

Untuk kartu undangan standard / sederhana, harga dimulai Rp 25.000,- Setelah jadi proses desainnya, undangan tinggal di print atau disablon. Biaya desain undangan bisa juga dimasukan atau dilebur dalam harga cetak per kartu undangan. Pelanggan tahunya jadi.

Tarif Desain Logo

Membuka usaha desain logo dengan sasaran komsumen atau pelanggan di daerah tentu berbeda dengan tarif desain logo seorang profesional, misalnya seorang freelancer. Kebanyakan konsumen desain logo di lokal / di daerah adalah usaha UMKM dan UKM. Misal toko besi, warung kelontong, warung makan.

Desain logo sederhana untuk UMKM, misal berupa tulisan dan bingkai berupa kotak atau lingkaran, bisa dimulai dengan tarif Rp 50.000,- (ini tarif untuk pemula, bukan untuk patokan). Nanti disampaikan juga ke pelanggan, bahwa tarif tersebut termasuk revisi maksimal satu sampai dua kali.

Hal ini penting disampaikan, jangan sampai karena bawelnya pelanggan waktumu habis, karena revisi yang berkali-kali. Tekoor dong...!

Tarif Desain Kaos

Nah, kalau ini beda lagi tarifnya. Ketrampilan mendesain gambar kaos, misal kaos komunitas perlu ketrampilan ekstra dan sense of art atau kemampuan menggambar ilustrasi. Untuk rujukan harganya coba kamu googling di internet. Misal di forum-forum.

Semoga tulisan ini bisa membantu calon agan yang ingin membuka jasa desain grafis. Selamat berjuang J


Menghitung-hitung Peluang Usaha Jasa Desain Grafis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ono Karsono

0 komentar:

Posting Komentar